Profil

Dalam eksistensinya Yayasan Lembaga Bina Anak Soleh menyelenggarakan beberapa pendidikan formal, berupa:

 

  1. Madrasah Aliyah eL-BAS

Dipandang tidaklah cukup didalam membekali para peserta didik dari lulusan tingkat tsanawiyah, dan untuk menjawab tantangan zaman, bahwa kita harus menjadi manusia yang sukses dunia dan ahirat, maka kami membekali para siswa dengan pendidikan tingkat Madrasah Aliyah. Adapun program yang kami selenggarakan adalah program Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu-ilmu Keagamaan. Adapun data siswa MA eL-BAS adalah sebagai berikut:

 

NO KELAS JUMLAH
1 X 60
2 XI 48
3 XII 48
  JUMLAH 156

 

  1. Madrasah Tsanawiyah eL-BAS

Madrasah Tsanawiyah eL-BAS membuka peluang melihat dan mempertimbangkan persaingan global,  maka Yayasan mencoba meningkatkan pelayanan pendidikan dengan standar nasional maupun internasional dengan mengembangkan bahasa Arab dan Inggris secara khusus berupa Camp. Dalam hal ini kami membekali siswa  dengan program bilingual. Seluruh siswa ketika selesai mengikuti program billingual wajib menguasai dua bahasa, yakni bahasa arab dan bahasa inggris. Adapun siswa MTs eL-BAS peserta program bahasa adalah:

 

NO KELAS JUMLAH
1 VII 120
2 VIII 52
3 IX 52
  JUMLAH 224

 

  1. Roudlatul Atfal

Didalam memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat, hususnya anak-anak usia balita pra sekolah, Yayasan ini menyelenggarakan pendidikan  Pra Usia Dini dalam wadah Roudlatul Athfal (RA)  Waladun Solihun. Yang alhamdulillah saat ini sudah bisa menjadi salah satu RA yang  populer di Kabupaten Ciamis.

Adapun siswa RA Waladun Solihun adalah:

 

NO KELAS JUMLAH
1 A 22
2 B 28
  JUMLAH 50

 

  1. Madrasah Diniyah

Untuk menambah wawasan keilmuan dalam hal keagamaan, Yayasan Lembaga Bina Anak Soleh tetap berusah meningkatkan pelayanan dalam hal pendidikan keagamaan. Yakni dengan mendirikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ciwahangan yang pesertanya tidak hanya santri, tetapi juga anak-anak dari masyarakat sekitar. Kami mengkaji keilmuan keagamaan diantaranya bidang fikih, ahlak, tauhid, hadis dan yang lainya.

Adapun siswa Diniyah adalah:

 

NO KELAS JUMLAH
1 Awaliyah 75
2 Wusto 224
3 Ulya 156
  JUMLAH 455

 

  1. Majelis Ta’lim

Majlis ta’lim juga menjadi pilihan dalam menciptakan terobosan penyebaran pendidikan keagamaan. Hususnya untuk masyarakat sekitar pesantren. Yang alhamdulillah sampai saat ini senantiasa terjaga keaktifanya, baik pengurus organisasi, jamaah maupun penceramahnya.

Adapun Peserta Majlis Ta’lim eL-BAS diantaranya:

  1. Dewan asatidz pesantren
  2. Dewan guru MTs, MA, RA, Diniyah
  3. Wali santri/ siswa
  4. Masyarakat sekitar pesantren
  5. dll

 

  1. Program layanan Pendidikan bagi anak kurang mampu

Sebagai yayasan yang peduli terhadap anak yang tidak mampu dan yatim piatu maka   Yayasan Lembaga Bina Anak Soleh menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak  yang terdiri dari :

  1. Anak tidak mampu
  2. Anak yatim piatu
  3. Anak putus sekolah
  4. Anak dari keluarga bermasalah (broken home)

Untuk pelaksaaan bagi anak-anak  tersebut mereka ditampung dalam asrama dan ditanggung biaya untuk makanan dan minumannya sementara ini dibiayai oleh yayasan.   Lebih jelasnya jenis-jenis biaya yang ditanggung yayasan setiap hari ialah:

  1. Tempat tinggal/ asrama
  2. Makanan dan minuman
  3. Pakaian seragam sekolah
  4. Perlengkapan sekolah

 

  1. Pendidikan dengan program Takhasus Tahfidzul Qur’an

Yayasan juga menyelenggarakan Pendidikan Tahfidzul Qur’an untuk usia MTs dan MA sebagai wahana pengembangan kepribadian yang mencintai Al-Qur’an dan berkehidupan yang berpola Qur’ani.

Juga diintegrasikan dengan pendidikan Pra Tahfidz, Pra Tahsin dan Tahsinul Qur’an yang dilaksanakan secara berkesinambungan dengan metode yang telah disusun oleh Pondok Pesantren sendiri.

Serta telah mampu menguasai kaidah Ilmu Tajwid, Makhorijul Huruf serta Qowaidul Imla. Berikut daftar siswayang mengikuti dan berprestasi pada Program Takhasus Tahfidzul Qur’an yang sudah mengikuti tahfidzul Al-Qur’an

WhatsApp Tanya via WhatsApp