Ciamis – TIM (Tim Inti Madrasah), Kepala madrasah, bendahara, dan operator BOS MTs dan MA eL-BAS telah selesai mengikuti kegiatan bimtek penerapan e-RKAM (Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah) yang dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 7 sampai 11 Desember 2020. Bertempat di MTSN 1 Ciamis sebagai Lembaga Penyelenggara (LP) yang di tunjuk oleh Pusat. Bimtek e-RKAM merupakan salah satu implementasi program yang digagas oleh Kementerian Agama melalui kerjasama dengan World Bank selama lima tahun kedepan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah.  Program kerjasama ini disebut REP-MEQR (Realizing Education Promises-Madrasah Education Quality Reform). Demikian sambutan yang disampaikan oleh Menteri Agama secara virtual dalam pembukaan bimtek tersebut.

Pada kesempatan yang sama ketua pelaksana program Abdullah Fakih memaparkan empat sasaran program REP-MEQR yaitu Pertama, Penerapan e-RKAM untuk meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan efektifitas perencanaan, penggunaan, dan pelaporan pembiayaan madrasah. Kedua, Penerapan assessment kompetensi minila bagi siswa MI kelas 5 secara nasional. Ketiga, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru, kepala madrasah dan Pengawas Madrasah sebagai tindak lanjut dari Assessmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas (AKG/AKK/AKP) madrasah yang telah dilaksanakan bulan lalu. Keempat, penguatan sistem pendataan pendidikan islam melalui menerapan EMIS (Education Management Information System) yang user friendly, akurat, akuntabel dan mudah diakses.

Hanya 100 madrasah MI, MTs dan MA sasaran di Kabupaten Ciamis yang terpilih mengikuti kegiatan bimtek tersebut pada Tahap I bulan Desember 2020 sampai Januari. Alhamdulillah TIM MTs dan MA eL-BAS berada di grup pertama yang mengikuti kegiatan bimtek tersebut.

Materi Bimtek terdiri dari Pengelolaan akun gmail masing-masing Kepala Madrasah, Bendahara dan Operator yang sudah disediakan pusat Karena Kementerian Agama selain kerjasama dengan World bank juga sudah menjalin kerjasama dengan Google. Selanjutnya materi tentang pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang ada di G-suite melalui akun gmail masing masing seperti cara membuat Google Classroom dan pengelolaannya, pemanfaatkan Google meets, Google form, Google drive, dan sebagainya sehingga komunikasi antara peserta dan fasilitator sebagian besar menggunakan media tersebut.

Situasi ruangan BIMTEK, duduk di sebelah kanan tim MTs eL-BAS, dan pojok belakang sebelah kiri tim MA eL-BAS, keduanya berada di meja diantara Narasumber

Materi berikutnya adalah perkenalan dengan aplikasi e-RKAM yang isinya terdiri dari Evaluasi diri Madrasah (EDM) dan e-RKAM itu sendiri yang dilanjutkan dengan simulasi pengisian kedua intsrumen tersebut yang dipandu secara bergantian oleh dua orang fasilitator TIK (Tim Inti Kabupaten)

Sebanyak 39 orang peserta dari 12 madrasah di Batch 2 LP MTSN 1 Ciamis mengikuti kegiatan dari hari pertama sampai terakhir dengan sangat antusias dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 dengan menjaga jarak, senantiasa memakai masker, dan mencuci tangan  setiap saat.

Semoga TIM MTs dan MA eL-BAS dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam bimtek tersebut terutama penerapan e-RKAM sehingga mampu  mewujudkan pengelolaan keuangan khususnya dan managemen madrasah umumnya yang lebih akuntabel, kredibel, transparan dan efektif efisien sesuai denga Visi dan Misi madrasah yaitu Terwujudnya madrasah yang POPULIS UNGGUL dan RELIGIUS. (Misbahudin)

WhatsApp Tanya via WhatsApp