Lomba pidato bahasa Arab se-Priangan Timur diselenggarakan oleh HIMABA (Himpunan Mahasiswa Bahasa Arab), Prodi Bahasa Arab yang diketuai oleh Dr.H Ridwan Efendi,S.S. M.Ag, di kampus STAI Ciamis pada hari Kamis tanggal 31 Oktober 2019. Kegiatan ini diselenggarakan bersamaan waktunya dengan acara seminar Nasional Kebahasa Araban. Lomba ini bertemakan “Pentingnya Bahasa Arab dalam menghadapi tantangan Global bagi Generasi Milenial”. Lomba pidato ini diikuti oleh beberapa sekolah yang ada di Priangan Timur, diantaranya MAN Darussalam, SMK Ma’arif NU, MAN 3 Ciamis, MAS Nurul Falah Kawali, MA Al-Ishlah Cihaurbeuti, MAS Agrowisata Shaleha Panjalu, SMA Plus Al-Hasan Banjarsari, MA Nurussalam, MA Ashomadiyah Handapherang, MA Kertabumi, MA Ar-Rahman, dan lain sebagainya termasuk MA eL-BAS Ciamis. MA eL-BAS mengirimkan delegasi sebanyak 4 orang, yaitu saudara Chandra Nurfadilah (siswa kelas X keagamaan), saudari Arzeti Nabilla Katili ( siswi kelas X MIA), Wulan sari (Siswi kelas XI keagamaan) dan Saudari Robi Mulia hati (Siswi kelas XII keagamaan).

 

“Tujuan diadakannya acara ini dalam rangka memperkenalkan Prodi Bahasa Arab, yang hanya baru ada di STAI Ma’arif dan STAI Ar-Risalah bagi daerah Ciamis, juga dalam rangka memotivasi generasi milenial akan pentingnya belajar bahasa Arab dan dengan tujuan untuk mendidik kader generasi meilenial dalam rangka membuat kampung inggris di daerah Ciamis”, tutur salah satu panitia pelaksana yaitu saudari Windi Agustin.

 

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 wib hari Kamis, dan dibuka oleh penanggung jawab kegiatan, Bapak Mahmud, kemudian dilanjut oleh ketua Pelaksana saudari Zulfa SF. Menginjak pada agenda selanjutnya, penampilan-pelampilan peserta lomba pidato Bahasa Arab dan lomba selesai sekitar pukul 13.00 wib dan dilanjutkan dengan pengumuman para peserta yang memperoleh nominasi oleh ketua pelaksan dan jajaran kepanitian.

Nominator Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Arab se-Priangan Timur, Robi Muliahati (kedua dari kanan), santri kelas XII IIK MA eL-BAS, menerima apresiasi dan penghargaan dari panitia.

 

Sebuah kebanggan bagi MA eL-BAS Ciamis karena berhasil meraih juara pertama yaitu saudari Robi Mulia Hati dengan nilai tertinggi dari ke 26 peserta yang mengikuti lomba dan juga saudari Wulansari Mendapatkan juara harapan satu. Hal ini menjadi suatu kebanggan baik bagi pribadi santri sekaligus lembaga. Suatu hal yang istimewa atas capaian nominasi ini, mereka mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari panitia berupa beasiswa full kuliah di STAI Ma’arif, sekaligus mendapatkan piala penghargaan dan juga uang pembinaan. Hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi perkembangan pendidikan bahasa di MA eL-BAS karena telah mengharumkan nama lembaga se-Priangan Timur, dan satu hal yang tak dinyana hal menjadi ajang promosi bagi sekolah MA eL-BAS. (pewarta: endang kurniawan; editor: toni herdiana)

WhatsApp Tanya via WhatsApp