Ciamis – Tepat setelah kegiatan Ujian Akselerasi Cawu I yang dilaksanakan selama satu minggu lamanya di minggu terakhir Oktober, terhitung mulai Senin hingga Sabtu, (26-31/10) selesai dilaksanakan, santriwan santriwati kelas 7, 8 MTs telah disibukkan dengan kegiatan baru yakni program akselerasi bahasa Arab untuk kelas 7 dan bahasa Inggris untuk kelas 8. Khusus bagi kelas 7, kegiatan ini diawali dengan program Tamyiz yakni metode menerjemahkan alquran dan kitab kuning dengan lagu-lagu, yang dilaksanakan selama dua bulan terhitung sejak November hingga Desember 2020.

 

Opening Ceremony pada hari Senin (2/11) pagi menandakan kegiatan akselerasi bahasa dimulai. Dibuka secara resmi oleh Kamad MTs, Fadlun, di awal kegiatan yang selanjutnya diiringi oleh beberapa tampilan kreasi seni dari para pembimbing asrama dan tutor program bahasa serta tidak luput pula aksi panggung yang menghibur dari para santriwan dan santriwati turut ditampilkan. Sehari berselang, pelaksanaan tes awal atau pre-test secara serempak dilaksanakan pada masing-masing program dengan pengawasan dari para tutor. Dilaksanakan di asrama masing-masing sekira tengah hari kegiatan tersebut telah dinyatakan selesai.

Kamad MTs, Fadlun, dalam pidato singkat menyampaikan pesannya dalam Opening Ceremony Program Akselerasi Bahasa Arab & Inggris di Mesjid Sekolah asrama Putri, Senin (2/11).

 

“Pelaksanaan program akselerasi bahasa kali ini, dikarenakan kekhususan protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19, seluruh tutor bahasa adalah para alumni yang merangkap sekaligus sebagai pembimbing asrama yang dari awal Tahun Pelajaran sudah berada di lingkungan pondok, tidak satu pun melibatkan guru dikarenakan ada kekhawatiran penyebaran virus jika terjadi interaksi dengan dunia luar” Fadlun membuka pembicaraannya. “Selain itu dari sisi kurikulum, ada sedikit perbedaan dalam pelaksanaan program akselerasi bahasa kali ini, khusus kelas 7 MTs diawali dengan program Tamyiz selama dua bulan terhitung November Desember untuk selanjutnya belajar bahasa Arab dengan kurikulum Al-Farisi Pare Kediri. Sedangkan kakak kelasnya kelas 8 MTs mengawali program akselerasi bahasa Inggris lebih awal di awal November sesuai dengan kurikulum BEC Pare Kediri. Kedua program ini direncanakan selesai pada awal Maret 2021.”, Fadlun menambahkan.

Para peserta menyempatkan berfoto bersama di sesi break Opening Ceremony, Senin (2/11).

 

Berdasar informasi yang diperoleh, jika biasanya program ini dilaksanakan dalam waktu 1 Catur Wulan, kegiatan akselerasi bahasa tahun pelajaran sekarang dilaksanakan lebih lama dibanding dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, sekira 5 bulan. Selain adanya jeda libur semester di akhir Desember 2020 berdasarkan Kalender Akademik Kurikulum Nasional, ada tambahan kegiatan diawal berupa program Tamyiz bagi kelas 7 MTs sebelum mereka belajar bahasa Arab. Adapun kelas lainnya pada masing-masing jenjang MTs dan MA, tetap mengikuti program KBM seperti biasa serta program reguler pondok lainnya.

WhatsApp Tanya via WhatsApp