Ciamis — Kak Nanang Permana, SH. dengan memakai pakaian lengkap Pramuka berkunjung ke Komplek Sekolah MA & MTs. Beliau merupakan Ketua Kwarcab Ciamis periode 2019 – 2024 setelah terpilih sebagai ketua Kwarcab 2 tahun silam. Selain menjadi ketua Kwarcab, beliau juga menjabat sebagai ketua DPRD Kab. Ciamis. Kak Nanang  menjadi salah satu tokoh yang sangat dikenal di kalangan masyarakat Kabupaten Ciamis.

Kak Nanang beserta rombongan tiba sekitar pukul 13.45, yang kemudian disambut hangat langsung oleh pimpinan. Beliau langsung dijamu di Saung Khusus penerimaan tamu dekat komplek sekolah. Sebelum beranjak ke lapangan, beliau makan siang terlebih dahulu ditemai oleh pimpinan beserta ummii. Pimpinan yang masih mengenakan batik itu sangat ramah menjamu Kak Nanang, terlihat mereka berbincang-bincang membicarakan banyak hal sebelum upacara dimulai. Setelah selesai, Kak Nanang didampingi pimpinan menuju lapangan. Di lapangan sudah terlihat banyak siswa siswi berpakain Pramuka lengkap siap mengikuti upacara. Kegiatan ini merupakan upacara pembukaan latihan Pramuka di Pangkalan MA & MTs eL-BAS sekaligus menyambutan Kak Nanang Permana selaku ketua Kwarcab Kabupaten Ciamis.

Sempat turun hujan ringan ketika upacara berlangsung. Namun demikian tapi tidak menyurutkan semangat dan antusias seluruh peserta yang hadir untuk terus melanjutan upacara sampai selesai. Di tengah pelaksanaan upacara, Kak Nanang yang bertindak langsung sebagai Pembina upacara menyampaikan amanatnya. Di dalam amanatnya tersebut, beliau menyampaikan betapa pentingnya nilai-nilai Dasa Darma Pramuka untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

“Selain kita harus menjadi Khalifatun Linnas (Pemimpin bagi manusia), kita juga harus menjadi khalifatun Fil ardi (Pemimpin bagi alam) yang berarti kita harus senantiasa menjaga dan merawat alam di sekitar kita. Hal ini selaras dengan Nilai Dasa Darma urutan kedua yaitu ‘Cinta alam dan kasih saying sesama manusia….”Ungkapnya.

Amanat yang diberikanya merupakan pelajaran penting bagi seluruh anggota gerakan pramuka di pangkalan MTs dan MA eL-BAS agar semua anggota putra dan putri menjadi Pramuka yang baik dan berdisiplin.

Kak Nanang, menyempatkan diri berfoto bersama, berdiri tegap di tengah anggota putri Pramuka Pangkalan MTs & MA eL-BAS.

Upacara berjalan lancar dan tertib lebih dari setengah jam laamanya. Di akhir, Kak Nanang Permana menyempatkan diri untuk berfoto bersama bersama Pimpinan, Kepala Sekolah MA & MTS eL-BAS beserta jajaran guru-guru yang hadir mengikuti upacara. Setelah itu, Kak Nanang juga berfoto bersama tim Paduan suara, Peserta pramuka putri dan peserta pramuka putra.

WhatsApp Tanya via WhatsApp