6 (enam) tahun yang lalu, tepatnya tahun 2013, angkatan pertama program English Camp yang berada di satuan pendidikan MTs eL-Bas dinyatakan telah selesai yang ditandai dengan pelaksanaan kegiatan “farewell party” sebagai salam terakhir kepada para siswa, setelah selama 6 (enam) bulan mereka bergelut dengan bahasa Inggris. Begitulah kiranya titik awal bagaimana bahasa Inggris menjadi begitu sangat penting bagi sekolah kami tercinta, MTs dan MA eL-BAS.

 

Menilik sejarah bahasa Inggris di lembaga kami, tidak kurang dari 3 (tiga) program telah dirancang sebagai bentuk komitmen bersama para pemangku kepentingan dalam pengembangan pendidikan bahasa khususnya.  Sebagai next-level program English Camp pada jenjang satuan pendidikan berikutnya, yakni MA, maka dirancang lah English-Intensive Course sebagai program yang berusaha member jaminan bahwa siswa MA el-bas telah memiliki bekal awal yang cukup dalam berbahasa Inggirs. Program ini mengadopsi konsep teaching-based content guna mengkomunikasikan substansi keilmuan dengan menggunakan bahasa  Inggris dalam kegiatan belajar mengajar di kelas sehari-hari.

 

Ada dua mata pelajaran yang berpotensi untuk di-dua bahasakan, yakni mata pelajaran Sejarah Indonesia dan mata pelajaran PKn. Keduanya merupakan rumpun ilmu sosial yang substansinya tidaklah terlalu susah jika disampaikan dalam bahasa selain bahasa Indonesia, yakni bahasa Inggris dan bahkan bahasa Arab. Program ini diterapkan di kelas XI MA semester ganjil dan genap, setelah mereka satu tahun sebelumnya, di semester ganjil kelas X MA menempuh program English-Intensive Course. Dengan demikian, diharapkan tidak ada kendala berarti dari sisi bahasa pengantar yang digunakan oleh guru, dan begitu pun di sisi siswa.

 

Program ini diharapkan nantinya dapat menuntun bahasa Inggris siswa ke situasi berbahasa yang lebih formal dan dapat menjangkau cakupan yang lebih luas dalam penguasaan substansi-substansi ilmu pengetahuan yang lebih ragam dan luas, sehingga mereka nantinya akan terbiasa dengan situasi perkuliahan baik di dalam atau di luar negeri dengan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

WhatsApp Tanya via WhatsApp