IKADAMA singkatan dari Ikatan Keluarga Alumni Daarul Ma’arif, merupakan suatu organisasi yang menghimpun para alumni Pondok Pesantren Daarul Maarif dari angkatan pertama sampai generasi alumni seterusnya. IKADAMA ini dibentuk dengan tujuan untuk menjaga jalinan silaturahmi, bukan hanya silaturahmi dengan sesama alumni tetapi menjaga jalinan silaturahmi para alumni bersama asatidz wal asatidzah serta pimpinan Pondok Pesantren Daarul Ma’arif. Selain itu, tujuan dibentuknya IKADAMA memunculkan semangat dan rasa memiiki serta kecintaan terhadap pondok pesantren Daarul Ma’arif.

Keanggotaan IKADAMA tediri dari santri dan santriah yang pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Daarul Ma’arif. Mungkin ada yang 3 tahun atau bahkan 6 tahun. Tidak peduli berapa lama seorang santri pernah tinggal dan mencari ilmu di sana, yang terpenting mereka yang pernah menjadi bagian keluarga pondok pesantren dan telah tuntas menimba ilmu di pondok pesantren mereka adalah anggota dan bagian dari IKADAMA.

Keterlibatan para alumni dalam kegiatan Pengecoran Ruang Kelas Baru (RKB) komplek PPDM

 

Perpisahan merupakan sesuatu yang telah dilalui para anggota IKADAMA. Namun, perpisahan yang terjadi bukanlah perpisahan yang sebenarnya. Mungkin hanya berganti nama dan berpindah tempat saja. Jika dulu nama nya santri pondok sekarang namanya alumni, jika dulu berkumpul di satu pondok, satu sekolah, bahkan satu asrama sekarang masih bisa berkumpul dalam satu organisasi yaitu IKADAMA.

Berdasarkan penuturan beberapa pengurus, program IKADAMA sendiri masih dalam tahap perencanaan. Namun secara umum programnya dibagi menjadi 3 (tiga), yakni:

  1. Program jangka pendek, yakni program yang dilaksanakan rutin harian. Adapun programnya yaitu menjaga eksistensi setiap anggota alumni dengan mengecek dan atau menelusuri keberadaan setiap anggota, memberikan wadah untuk berkumpul di grup WhatsApp misalnya, atau media lain yang membantu jalinan silaturahmi terlaksana, yang pada intinya memfasilitasi jalinan komunikasi yang baik sesama alumni.
  2. Pogram Jangka menengah, yaitu pembuatan almamater IKADAMA sebagai identitas keanggotaan alumni atau keanggotaan IKADAMA.
  3. Program jangka panjang, progam yang diharapkan bisa terus berjalan diantaranya: (A) Pertemuan atau reuni akbar alumni bersama asatidz wal asatidzah serta pimpinan pondok pesantren Daarul ma’arif sekurang kurang nya 2 (dua) kali dalam satu tahun. (B) Pengumpulan kas setiap bulan dari setiap anggota IKADAMA. Dana tersebut akan digunakan untuk biaya reuni dan ikut serta dalam pembangunan pondok.

Saresehan bersama pengurus IKADAMA serta koordinator angkatan

 

Menjadi alumni bukan berarti keluar dari bagian keluarga Daarul ma’arif, justru alumni adalah orang  yang menjadi bagian daripadanya sejak awal, menjadi saksi dari sebuah perjuangan, berperan dalam menjadikan pondok pesantren semakin maju. Dengan menjadi alumni bukan berarti berhenti berjuang memajukan pondok pesantren, justru bisa lebih andil dan berperan dalam segala hal yang menyangkut kemajuan pondok tercinta.

Satu kalimat yang tepat dan senantiasa menjadi semangat terbentuknya IKADAMA adalah “PONDOK BESAR OLEH ALUMNINYA”. Jadi hanya satu harapan terbesar dari IKADAMA yaitu kedepannya seluruh alumni dapat berperan ikut serta dalam membesarkan pondok pesantren dengan niat berjihad dijalan alloh SWT dan mengharap ridho-NYA. Aamiin…

WhatsApp Tanya via WhatsApp