Ciamis – Ikatan Keluarga Alumni Daarul Ma’arif (IKADAMA) mengadakan agenda Halal bi Halal bersama pembina Yayasan, Pondok Pesantren Daarul Ma’arif Ciamis, Dr. KH Kusoy Fadiliyah, M.Si secara virtual pada Senin (24/05/2021).

Meskipun dilaksanakan secara virtual, akan tetapi para alumni sangat antusias mengikuti Halal bi Halal tersebut. Selain masih dalam masa pandemi, hal ini juga upaya memanfaatkan kacanggihan teknologi. Sehingga, tidak hanya alumni yang berdomisili di Ciamis saja yang mengikuti, melainkan ada juga yang alumni dari luar daerah bahkan luar negeri seperti Mesir dan China.

Dalam sambutan Halal bi Halal yang disampaikan oleh Ketua Umum IKADAMA sendiri, Burhanudin, dia menyatakan kebanggannya karena telah menjadi bagian dari keluarga IKADAMA. “Bangga dan bersyukur menjadi bagian dari Keluarga Daarul Ma’arif, karena telah mengajarkan arti sebuah kehidupan,” ucapnya.

Aby Kusoy, selaku pemateri dalam acara tersebut juga menyampaikan mauizah bagi para alumni. “Jangan lupa untuk bersedekah, sedekah itu bisa dengan berbagai cara, bisa dengan senyum, ilmu, tenaga, uang. Libatkan Allah didalam segala aktivitas yg kita lakukan supaya mendapat sebuah keberkahan dan kesuksesan,” tuturnya.

Pengasuh pondok pesantren, K.H. Kusoy Fadhililyah, tak pernah bosan menyampaikan wejangannya dalam setiap kesempatan, tak terkecuali momen Halal Bil Halal.

Beliau juga membeberkan program untuk para alumni yang ingin melanjutkan studi ke luar Negeri seperti Mesir dan German.

Selain itu, beliau juga mewacanakan agenda kajian bulanan bersama tokoh-tokoh masyarakat untuk para alumni. “Bakal ada kegiatan rutin lewat Zoom dengan orang-orang hebat satu bulan atau dua bulan sekali,” pungkasnya.

Di akhir acara, Ketua Umum IKADAMA juga berpesan kepada seluruh alumni untuk tetap menjaga adab seorang santri supaya mendapat keberkahan. “Tetap rendah hati dan tidak sombong ,terus jungjung tinggi ketakziman karena dengan takzim akan mengantarkan kepada sebuah keberkahan.” (Kontributor: Endang Kurniawan)

WhatsApp chat