Geliat pelaksanaan kegiatan ujian akhir, yakni UM, UAMBN dan UN Tahun Pelajaran 2019-2020, untuk kelas 9 MTs dan 12 MA, sudah mulai tampak di minggu ke-2 bulan Februari ini dengan dimulainya pelaksanaan kegiatan simulasi UAMBN-BK selama 2 (dua) hari berturut-turut bagi masing-masing satuan pendidikan. Untuk jenjang MA dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu, 11-12 Februari, dan dua hari berikutnya, 13-14 Februari untuk jenjang MTs. “Roadmap kegiatan ujian untuk tahun ini hampir sama dengan pelaksanaan kegiatan di tahun kemarin, ada pergeseran tanggal untuk pelaksanaan pada beberapa ujian, tapi hanya 1-2 hari saja bedanya, tahun ini lebih awal”, Wakamad Kurikulum, Asep Apipudin, menuturkan.

Misbahudin, M.Pd., menyampaikan amanat pada kegiatan Simulasi UAMBN-BK MA eL-BAS di halaman Lab Komputer beberapa saat sebelum ujian.

 

“Agenda terdekat berikutnya di bulan ini adalah pelaksanaan gladi bersih UNBK jenjang MA yang insya alloh akan dilaksanakan pada hari Senin-Rabu, 24-26 Februari yang bertepatan dengan penilaian Catur Wulan 3 bagi siswa kelas 7, 8, 10 dan 11, dimana untuk kegiatan yang sama untuk jenjang MTs akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 Maret. Ada sedikit beda dari materi rangkaian kegiatan simulasi UN kali ini, yakni adanya materi assessment kompetensi minimal atau disingkat AKM “, proktor madrasah, Toni Herdiana, menambahkan.

 

“Sebagai agenda nasional, pelaksanaan simulasi UAMBN-BK untuk jenjang SMA/MA, alhamdulillah dapat terlaksana dengan lancar tanpa kendala berarti.” Ketua Panitia sekaligus Kepala Madrasah MA eL-BAS, Misbahudin, M.Pd., di sesi ke 2 hari terakhir pelaksanaan simulasi menyampaikan. Dalam simulasi UAMBN-BK kali ini mengujikan tiga mata pelajaran, yakni Al Quran Hadis, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). “Meskipun dijadwalkan untuk tiga Mapel dalam dua hari, madrasah penyelenggara diberi keleluasaan untuk melaksanakan sesuai dengan kemampuannya, yang terpenting dapat terlaksana sebagai kegiatan gladi bersih. Berdasar hasil pengamatan panitia, masih terdapat kesalahan minor yang ditemui, seperti pengulangan opsi jawaban yang sama, referensi soal berupa hilangnya penanda garis bawah atau cetak tebal pada ayat atau hadist, namun secara umum sangat baik.

 

Fadlun, M.Pd.I., ikut mendampingi pelaksanaan kegiatan di hari ke-1 Gladi Bersih UAMBN-BK jenjang MTs.

 

Meskipun dihadapkan pada padatnya jadwal simulasi dan ujian, diharapkan madrasah penyelenggara mampu mengikuti perkembangan sistem yang digunakan dalam ujian dan satu hal yang paling penting yakni para siswa tetap fokus serta all-out dalam mengerjakan soal-soal mata pelajaran yang diujikan yang notabene adalah Ruh-Nya Madrasah. Semoga apa yang kita lakukan sekarang sebagai persiapkan dapat berbuah manis nanti di akhir, Aamiin…

WhatsApp Tanya via WhatsApp