Ciamis – 53 siswa dan calon siswa MA eL-BAS berangkat ke Pare Kediri Jawa Timur. Dengan menggunakan moda kereta api Kahuripan trayek Kiara Condong – Blitar dan didampingi empat orang pembimbing para peserta melakukan tahapan keberangkatan mulai  pemesanan tiket kolektif di stasiun Tasikmalaya dilanjutkan dengan melakukan Genose test dan berangkat dari stasiun Ciamis Senin dinihari dan tiba di stasiun Kediri tengah hari. Di stasiun kediri sudah siap disambut armada jemputan yang dipesan khusus oleh pihak Lembaga untuk mengantar semua peserta dari stasiun Kediri ke Pare. Serah terima peserta dari perwakilan MA eL-Bas dan ketiga Lembaga kursus dilakukan di BESWAN English Course di Tertek, Pare.

Ke 53 peserta peningkatan kemampuan Bahasa asing tersebut terdiri dari 20 Orang peserta kursus Bahasa Arab, 21 orang peserta kursus Bahasa Inggris dan 13 orang peserta kursus Bahasa Jerman. Untuk pelaksanaan kursus tersebut MA eL-BAS sudah menjalin MoU dengan tiga Lembaga Bahasa yang ada di Pare yaitu ALFARISI untuk kursus Bahasa Arab, BESWAN untuk Bahasa Inggris dan SOS untuk Bahasa Jerman ketiga Lembaga tersebut terletak di sekitar Kampung Inggris Pare Kediri

Pengiriman peserta kursus tahun ini adalah rekor pengiriman peserta terbanyak selama MA eL-BAS mengirim peserta dari tahun- tahun sebelumnya. Rekor lainnya kalau sebelumnya hanya mengirim peserta kursus untuk dua Bahasa asing yaitu Bahasa Arab dan Inggris, kali ini ditambah dengan Bahasa Jerman.

Peserta yang memilih kursus Bahasa Arab bertujuan agar peserta memperdalam kemampuan  Bahasa Arab mereka untuk tujuan studi lanjut ke Timur Tengah sehingga Ketika mereka selesai studi di MA eL-BAS mereka sudah memiliki kemampuan Bahasa Arab yang standar untuk keperluan komunikasi sehari-hari dan juga sebagai Bahasa pengantar di berbagai Perguruan Tinggi di negara-negara Timur Tengah.

Peserta yang mengambil kursus Bahasa Inggris disiapkan untuk studi lanjut dengan konsentrasi ilmu-ilmu umum di Perguruan Tinggi di dalam negeri maupun overseas universities. Diharapkan mereka mampu memperdalam kompetensi Bahasa Inggris baik Bahasa lisan sehari-hari maupun English for Academic Purpose yang digunakan sebagai Bahasa pengantar di perguruan tinggi maupun Bahasa yang digunakan dalam banyak referensi ilmu pengetahuan  dari berbagai disiplin ilmu.

Peserta yang memilih kursus Bahasa Jerman dijadikan pilot project untuk tahun 2021 di MA eL-BAS dan dipersiapkan untuk studi lanjut ke Jerman setelah mereka lulus dari Madrasah Aliyah. Pengiriman peserta Kursus Bahasa Jerman baru dimulai tahun ini dalam rangka menyiapkan mereka yang berminat studi di Jerman sehingga mereka siap mengikuti tes Bahasa Jerman standar Goethe Institute. Selain itu MA eL-BAS sudah menjalin Kerjasama dengan Lembaga Alumni Eropa (LAE) sebagai mediator pengiriman calon mahasiswa yang berminat kuliah di Jerman.

Bahasa asing di Perguruan Tinggi saat ini bukan lagi menjadi tujuan pembelajaran tapi menjadi media untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu. Belajar di bangku kuliah pasti memerlukan kemampuan berbahasa asing untuk memamahi referensi yang ditulis dalam Bahasa asing tersebut. Jadi mempelajari Bahasa asing sebelum kuliah adalah suatu keniscayaan untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang belajar dibangku kuliah. “Learning language is the bridge to reach the world “. (Kontributor: Misbahudin)

WhatsApp chat