Selama dua hari, Selasa dan Rabu, 29 – 30 Oktober 2019 sebanyak 20 guru dan 32 tutor camp Bahasa Inggris dan Bahasa Arab yang bernaung di bawah Yayasan Lembaga Bina Anak Soleh (eL-BAS) mengikuti kegiatan pelatihan yang bertempat di kampus MTs dan MA eL-BAS. Kegiatan pelatihan ditujukan untuk meningkatkan kompetensi professional yakni meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru dan tutor dalam menerapkan model dan strategi pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa, dalam kegiatan PBM sebagaimana yang direkomendasikan oleh kurikulum duaribu tiga belas.

Ketua Yayasan Lembaga Bina Anak Soleh memberikan sambutan dalam kegiatan Diklat. Berjejer di depan dari kiri, Misbahudin, M.Pd., DR. Widayanto, dan Hj. Iis Siti Aisyah, M.Pd.I.

 

Pelatihan kali ini menghadirkan instruktur sekaligus nara sumber tunggal DR. H. Widayanto, M.Pd., yang merupakan Widyaiswara teladan yang dimiliki oleh Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Jawa Timur. Hari pertama kegiatan diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan pemaparan dan simulasi materi pelatihan berupa pengenalan berbagai model dan dan strategi pembelajaran yang disampaikan oleh instruktur. Para peserta diklat nampak sangat antusias mengikuti kegiatan di hari pertama terutama karena instruktur membawakan materi dengan santai, penuh guyonan, tapi semua materi diklat dapat dimengerti dengan mudah oleh para peserta. Instruktur juga melakukan assessment selama kegiatan berlangsung untuk mengetahui sejauhmana materi yang disampaikan dipahami oleh para peserta. Assessment dilakukan dengan memanfaatkan hand phone masing-masing peserta mengerjakan soal dengan aplikasi Kahoot dan Schoology yang hasilnya bisa ditayangkan langsung pada layar monitor.

 

Peserta Diklat dalam situasi kelas berbaur antara tenaga pendidik (guru) dan calon tutor camp bahasa Arab dan Inggris.

 

Dihari terakhir para peserta diklat diberi kesempatan untuk mempraktekkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan dengan melakukan peer teaching (mengajar teman sebaya). Pada kegiatan ini para guru dan tutor tampil membawakan berbagai model dan strategi pembelajaran yang sudah diterima pada hari sebelumnya seperti, Inside outside circle, Chinese whisper, Problem based- learning, Simulation, Bingo game, Chain writing, dan lain-lain.

 

Para peserta merasa sangat terkesan dan juga merasa sangat puas dengan kegiatan pelatihan ini, selain karena materi diklatnya sangat kontekstual (apa yang mereka butuhkan saat ini) juga karena merasa bangga bisa memiliki kesempatan yang sangat langka mendapatkan sajian materi dari Pak Widayanto yang telah memenuhi undangan panitia walaupun beliau memiliki agenda yang sangat padat. Thanks Pa Wid, may Allah always bless you! Aamiin…  (Pewarta: Misbahudin, Editor: Tony Hrd)

WhatsApp Tanya via WhatsApp